Produksi ikan Gurame pada tahun 2016

Ikan salah satu kebu­tuhan alternatif jika harga daging melonjak. Ikan merupakan sumber pro­tein yang menyehatkan dan diharapkan dapat membuat generasi lebih pintar, sebab ikan mengandung omega 3 dan DHA yang bermanfaat untuk pertumbuhan otak. Nutrisi yang ada pada ikan sangat baik untuk anak-anak, teru­tama usia balita. Ketahanan pangan disek­tor ikan cukup singnivikan, telah mampu memenuhi ke­bu­tuhan konsumen. Salah satu ikan yang penulis akan bahas adalah ikan Gurame.



Jenis Ikan Gurame
Adapun jenis ikan gurame yang dibudidayakan di Indonesia adalah:
b. Gurame Bluesafir
c. Gurame Batu
d. Gurame Bastar
e. Gurame Jepun
f.  Gurame Kapas
g. Gurame Porselen
h. Gurame Paris

Ikan Gurame merupakan jenis ikan air tawar konsumsi yang banyak digemari oleh masyarakat. Ikan gurame merupakan salah satu dari ikan air tawar konsumsi yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Setiap tahun produksi ikan gurame terus meningkat, baik pembesaran di kolam, KJA ataupun mina padi. Produksi ikan konsumsi selalu tersedia di pasar dalam negri maupun di pasar luar negri. Sebab ikan konsumsi termasuk salah satu produk yang tahan pangan disamping padi, jagung, ubi, daging ataupun telur.Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tidak hanya fokus pada perikanan kelautan, dan potensi perikanan ikan budi daya kedepan akan sangat menjanjikan. Karena dengan tambahnya penduduk yang terus meningkat. KKP menargetkan peningkatan produksi perikanan budi daya pada tahun 2016 dengan total target 19,5 juta ton, dibanding hasil produksi tahun 2015 yang hanya mencapai 17,4 juta ton.

Oleh karena itu, peluang usaha pembenihan dan pembesaran gurame masih sangat menjanjikan dan terus meningkat. Besarnya peluang usaha gurame didasarkan pada keunggulan yang dimiliki gurame dibandingkan dengan ikan air tawar konsumsi lainnya.

Keunggulan Budidaya Gurame
= Dagingnya gurih dan lezat
= Tidak memiliki banyak duri seperti halnya ikan tawes, ataupun bawal
= Biaya pakan tidak banyak yang dikeluarkan
= Dapat dibudidayakan di kolam yang aliran airnya sedikit, bahkan air tergenang.

= Dapat dikembangkan di lahan yang luas maupun sempit

Peluang untuk mengembangkan budidaya gurame masih sangat besar. Walaupun masyarakat telah mengenalnya sebagai ikan yang mudah dibudidayakan, tapi hasilnya masih belum mampu memenuhi permintaan pasar dalam negeri, ataupun pasar ekspor. Adapun yang penulis buat ini, semoga dapat menikmati dan dapat memberikan manfaat ataupun wawasan untuk para pembaca. Terimakasih sudah berkunjung ke My Blog:)



0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Total Pageviews

Pages

Popular Posts

Popular Posts

 

Flickr Photostream

Twitter Updates

Meet The Author